5 Desain Unik Bangunan Adat Kalimantan

5 Desain Unik Bangunan Adat Kalimantan Selatan yang Wajib Diketahui

Diposting pada
Desain Unik Bangunan Adat Kalimantan

rumahdot.com – 5 Desain Unik Bangunan Adat Kalimantan. Bangunan adat adalah salah satu aset yang paling berharga bagi kita semua. Memiliki Bangunan yang estetis dan bergaya dapat memberikan nilai tambah bagi para pemiliknya. Kalimantan Selatan punya desain Bangunan adat yang unik dan menarik untuk kita ketahui, dan di artikel ini kita akan membahas 5 Desain Unik Bangunan Adat Kalimantan yang wajib anda ketahui!

Barikut ini adalah 5 Desain Unik Bangunan Adat Kalimantan yang wajib kalian ketahui

1. Bangunan Adat Kalimantan Selatan Gajah Manyusu

Kalimantan Selatan memiliki beberapa daerah dengan Bangunan adat yang berbeda-beda. Bangunan Adat Kalimantan Selatan Gajah Manyusu adalah salah satu contohnya. Bangunan ini biasanya terletak di pedesaan dan berbentuk seperti gudang. Atapnya berwarna hitam dan dindingnya berwarna putih. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa Bangunan ini sering digunakan untuk menyimpan hasil pertanian atau perkebunan. Jika Anda ingin melihat Bangunan Gajah Manyusu, Anda bisa meluncur ke Desa Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan.

Rumah Ini adalah rumah adat kalimantan selatan, yang mempunyai ciri berbentuk limas, ciri dari rumah ini adalah bagian anjungannya memiliki atap dari pisang sasikat dan bagian surambinya beratapkan sindang langit.

2. Bangunan Desain Unik Bangunan Adat Kalimantan Bubungan Tinggi

Desain Bangunan Adat Kalimantan Selatan sangat unik dan beragam. Salah satu desain yang paling populer adalah Bangunan bubungan tinggi. Bangunan ini biasanya dibangun dengan material kayu dan bambu, dengan atap yang berbentuk seperti cemara. Biasanya, Bangunan ini hanya memiliki satu lantai, tetapi beberapa desain menampilkan dua lantai. Bubungan tinggi sangat cocok untuk daerah dengan cuaca yang lembap karena akan memberikan ruangan yang lebih dingin dan lebih sejuk daripada Bangunan dengan atap baja.

Rumah ini pada zaman dahulu di peruntukan untuk para bagsawan pada masa kesultanan, tetapi setelah kerajaan banjar runtuh, para pedagang yang memiliki kekayaan bisa mulai membangun rumah ini.

3. Bangunan Adat Kalimantan Selatan Baanjung Gajah Baliku

Baanjung Gajah Baliku adalah sebuah Bangunan tradisional yang berasal dari Kalimantan Selatan. Bangunan ini memiliki atap yang unik berbentuk seperti gajah, dan terletak di atas beberapa tingkat batu karang. Baanjung Gajah Baliku biasanya digunakan untuk upacara-upacara adat, dan seringkali dijadikan tempat penginapan oleh tamu-tamu yang datang ke Kalimantan Selatan.

Bangunan adat ini pertama di bangun oleh pasangan pedagang permata yang memiliki nama H.Jalil dan HJ. Esah pada tahun 1880. Pada saat zaman kesultanan banjar rumah ini di gunakan sebagai tempat tinggal warit raja atau bisa di sebut keturunan pertama bubuhan para gusti.

4. Bangunan Palimbangan

Bangunan Palimbangan adalah sebuah Bangunan adat yang berasal dari Kalimantan Selatan. Bangunan ini mempunyai atap yang berbentuk seperti payung dan memiliki 2 lantai. Dinding Bangunannya terbuat dari kayu dan bambu, sementara lantainya terbuat dari Anyaman Bamboo. Bangunan Palimbangan biasanya dihuni oleh keluarga yang berada di tingkat social menengah, seperti pegawai negeri sipil atau petani.

Rumah ini juga merupakan rumah tradisional asal kalimantan selatan, rumah ini memiliki perbedaan pada bentuk atap dan ornamen ukiran yang di pakai rumah ini, contoh rumah ini dalah memakai anjungan beratap pelana dan memiliki atap mengunakan pelana dengan tawing layar.

5. Bangunan Tadah Alas

Desain Bangunan adat di Kalimantan Selatan sangat unik dan beragam. Salah satu desain yang populer di daerah ini adalah Bangunan Tadah Alas. Bangunan Tadah Alas merupakan sebuah Bangunan tradisional yang memiliki atap yang dibuat dari daun kelapa. Biasanya, Bangunan ini terletak di dataran tinggi atau pegunungan. Dinding Bangunannya terbuat dari kayu dan bambu, sementara lantai Bangunannya berlapis tanah. Untuk mendapatkan kesetiaan suami istri, orang-orang di Kalimantan Selatan sering menempatkan patung ini di depan Bangunan mereka.

Akhir Kata

Itulah  desain unik bangunan adat kalimantan selatan yang wajib kalian ketahui, rumah rumah adat ini sudah jarang kita temui di kalimantan sendiri, karna masyarakat lebih memilih membangun rumah rumah moderen, tetapi masih ada yang bisa anda jumpai tetapi lumayan susah juga untuk menemukan bagunan adat tradisional kalimantan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *