Rumah Adat Jawa Timur

Jenis-jenis Rumah Adat Jawa Timur 2024

Diposting pada
Rumah Adat Jawa Timur

rumahdot.com – Rumah adat Jawa Timur adalah salah satu dari banyak rumah adat di Indonesia yang masih memiliki keunikan tersendiri. Bagaimana keunikannya? Dalam artikel ini kita akan mencoba untuk meberikan ulasan beberapa keunikan-keunikan yang dimiliki oleh rumah adat Jawa Timur yang wajib Anda ketahui.

Lalu apa saja sih jenis – jenis rumah adat yang ada di jawa timur, nah berikut ini kami berikan ulasan beberapa jenis rumah adat yang ada di jawa timur yang wajib kalian ketahui. 

Rumah Adat Jawa Timur Joglo

Rumah Adat Jawa Timur Joglo merupakan rumah tradisional yang berasal dari Jawa Timur yang berasal dari daerah Jepara. Pada umumnya, rumah adat jawa timur ini terbuat dari bahan kayu dan memiliki atap piramida dengan ujung runcing. Rumah Joglo biasanya digunakan sebagai tempat tinggal oleh keluarga bangsawan atau aristokrat di zaman dulu.

Rumah Adat Jawa Timur ini juga tenar sampai ke luar negri, karna rumah ini memiliki keunikan yang telah turun temurun dari nenek moyang sehingga fungsi kegunaannyapun sangat beragam.

Adapun jenis jenis rumah joglo yang memiliki ciri khasnya tersendiri sebagai berikut:

  1. Rumah Sinom

Rumah joglo ini berasal dari perkembangan joglo disebabkan memiliki teras yang mengelilingi ruangan, biasanya rumah ini memiliki 36 tiang yang di mana 4 sakanya merupakan tiang utama yang besar

  1. Rumah Jompongan

Keunikan dari rumah yang satu ini karna atapnya memiliki 2 susun yang dimana bentuknya berhubungan memanjang dari sisi kiri ke kanan, rumah ini biasanya menggunakan pintu geser dan memiliki lantai menyerupai bujur sangkar.

  1. Rumah Pangrawit

jika anda mengetahui rumah joglo pangrawit pastinya anda mengetahui keunikan rumah ini yaitu memiliki lambang gantung serta atapnya menyerupai kubah, di setiap rumah pangrawit ini pasti memiliki pangrawit di setiap sudut rumahnya.

Rumah Adat Jawa Timur Joglo Sinom

Rumah Adat Jawa Timur Joglo Sinom adalah rumah adat yang berasal dari Jawa Timur. Rumah ini memiliki atap berbentuk seperti piramida dan diapit oleh 4 buah tiang utama. Tiang-tiang ini berfungsi untuk mendukung atap dan juga sebagai penyangga bagi orang yang akan naik ke atap. Pada umumnya, rumah joglo sinom digunakan sebagai tempat tinggal oleh keluarga kaya di Jawa Timur. Hanya keluarga tertentu yang bisa membangun rumah adat ini karena biaya yang dibutuhkan cukup mahal.

Rumah Adat Osing

Osing adalah salah satu rumah adat daerah Jawa Timur. Rumah Osing terletak di Kabupaten Banyuwangi, tepatnya di Desa Purwodadi. Bangunan rumah Osing berbentuk persegi dengan atap cembung. Pada bagian dalam rumah, ada 2 ruang tamu yang dipisahkan oleh sebuah ruang sempit. Salah satu ruang tamu diperuntukkan untuk upacara adat, sedangkan yang lain digunakan untuk tempat menerima tamu. Di balik rumah Osing, terdapat sebuah halaman yang luas dan bertingkat-tingkat. Rumah Osing mempunyai ciri khas tersendiri dalam hal arsitektur dan dekorasinya. Arsitektur rumah Osing sangat unik karena memiliki beberapa lantai dengan tangga di salah satu sisinya

Rumah Adat Suku Tengger

Salah satu daerah dengan rumah adat yang sangat unik di Jawa Timur adalah suku Tengger. Rumah adat Tengger berbentuk seperti kuburan, dengan atap berbentuk seperti badan manusia. Hal ini disebabkan karena budaya Tengger mengkhususkan dalam membahas soal kematian dan keramatannya. Oleh sebab itu, banyak masyarakat setempat yang menjadikan rumah adat mereka sebagai tempat untuk beribadah dan mengajarkan anak-anak tentang budaya dan tradisi mereka.

Rumah adat ini memiliki desain yang di sesuaikan dengan keadaan alam sekitar, sehingga masyarakat yang menghuni rumah ini akan merasakan kenyamanan untuk di tempati.

Rumah Adat (Limasan Trajumas Lawakan)

Trajumas adalah sebuah rumah adat yang berasal dari daerah Lawakan, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur. Rumah ini memiliki bentuk persegi panjang dengan atap limasan. Limasan merupakan sebuah atap yang terbuat dari bambu dan daun ketapang. Pada bagian depannya, rumah ini memiliki pintu gerbang yang berbentuk persegi panjang dengan ukuran lebih kecil daripada bagian utamanya. Gerbang ini sering dihiasi dengan motif bunga-bunga dan kupu-kupu.

Akhir Kata

Nah Itulah beberapa jenis jenis keunikan rumah adat yang berada di jawa timur yang wajib kalian ketahui, tentunya setiap rumah adat yang berada di jawa timur memiliki keunikannya tersendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *