Rumah Tradisional Asal Bugis Yang Wajib Kalian kunjungi di tahun 2024

Rumah Tradisional Asal Bugis Yang Wajib Kalian kunjungi di tahun 2024

Diposting pada
Rumah Tradisional Asal Bugis Yang Wajib Kalian kunjungi di tahun 2024

rumahdot.com – rumah tradisional asal Bugis merupakan arsitektur budaya yang sangat unik. Bentuknya menawan dan menggabungkan berbagai elemen dari tradisi dan modernitas. Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang rumah tradisional Bugis, Anda harus mengunjungi beberapa bangunan ini.

Inilah rumah tradisional asal Bugis yang wajib dikunjungi.

1.Rumah tradisional asal Bugis

Pembangunan rumah trasdisional asal Bugis merupakan salah satu yang paling menarik di Indonesia. Arsitekturnya yang unik dan ragam warnanya selalu memanjakan mata.

Berikut adalah tujuh contoh rumah tradisional asal Bugis untuk dikunjungi: Rumah Radakka

  • Rumah Radakka adalah salah satu contoh rumah tradisional Bugis yang paling populer. Bangunannya berbentuk persegi panjang dengan atap berbentuk kerucut dan dinding yang berciri geometris. Warna utama rumah ini adalah hitam putih dengan sentuhan warna merah.
  • Rumah Bolon juga termasuk dalam kategori rumah adat Bugis yang sangat populer. Perbedaan utama antara Rumah Bolon dan Radakka adalah lebih luas dan tidak memiliki atap berbentuk kerucut seperti Radakka. Tembok Bologna pada umumnya

2. Rumah Tradisional asal Bugis Tongkonan

Tongkonan adalah rumah tradisional asal Bugis yang berbentuk atap gerobak. Tongkonan biasanya terbuat dari kayu dan bambu, serta memiliki atap ijuk (ijuk) yang mengarah ke kiri.Bagian depan rumah merupakan ruang tamu sedangkan bagian belakang rumah digunakan sebagai tempat tinggal keluarga. Rumah adat Tongkonan ini memiliki simbol yang mencerminkan kepercayaan dan budaya Bugis.

Rumah ini memiliki posisi menghadap ke utara yang menggambarkan dimana lokasi dari puang matua yang mahakuasa berada di arah utara, namun sayang rumah tongkonan ini sudah tidak banyak lagi di indonesia, Karna sekarang masyarakat lebih memilih membangun rumah – rumah moderen

3. Rumah Adat asal Bugis Makassar

Makassar adalah sebuah kota di Indonesia, di provinsi Sulawesi Selatan. Ada banyak rumah tradisional Bugis di kota ini yang layak untuk dikunjungi.Rumah tradisional Bugis Makassar biasanya berbentuk persegi panjang dengan atap terbalik. Bangunan ini sering digunakan sebagai tempat upacara keagamaan dan sosial, serta menyimpan barang-barang penting keluarga.

Rumah adat makasar ini memiliki 2 jenis tangga rumah, kedua tangga rumah itu bernama sapana dan tukak, adapun perbedaan dari rumah ini biasanya dari segi bahan dan jenis anak tangga.

4. Rumah Adat Tongkonan

Tongkonan adalah rumah adat Bugis di Sulawesi Selatan. Tongkonan berbentuk seperti atap kuda dan memiliki 2 lantai.Lantai satu sering digunakan untuk menyimpan hasil bumi seperti beras, jagung dan kacang-kacangan. Sedangkan lantai dua biasanya digunakan sebagai tempat tinggal keluarga. Dinding Tongkonan terbuat dari bambu dan kayu yang disusun secara vertikal dan berjajar rapi. Pintu dan jendela tongkonan diletakkan dengan posisi simetris agar sinar matahari maksimal. Atap tongkonan terbuat dari ijuk atau daun lontar yang dianyam bambu untuk melindungi isi rumah dari hujan.

5. Rumah Adat Makassar

Rumah adat Makassar berbeda dengan rumah adat Bugis lainnya. Rumah adat Makassar memiliki atap yang lebih tinggi dan berbentuk limas. Bangunan ini biasanya dilengkapi dengan balkon di bagian depan. Rumah adat Makassar juga sering digunakan untuk menyimpan barang berharga seperti emas dan perak.

Rumah adat makasar ini memiliki 2 jenis tangga rumah, kedua tangga rumah itu bernama sapana dan tukak, adapun perbedaan dari rumah ini biasanya dari segi bahan dan jenis anak tangga.

6. Rumah Adat Balla To Kajang

Rumah adat Bugis Balla To Kajang merupakan salah satu rumah adat Bugis yang berdiri kokoh di Palopo, Sulawesi Selatan. Bangunan ini dibangun pada abad ke-17 oleh seorang raja Bugis bernama La Tenripala. Rumah adat ini terletak di atas sebuah bukit yang menjadikannya sangat unik dan menarik. Pada masa kini, Balla To Kajang masih dimaksimalkan sebagai tempat tinggal bagi masyarakat setempat. Oleh karena itu, Anda akan mendapatkan kesempatan untuk melihat dan belajar tentang kebudayaan Bugis saat Anda mengunjungi bangunan ini.

Akhir Kata

Nah itulah beberapa bangunan rumah tradisional asal bugis yang kami berikan kepada anda yang bisa di kunjungi, sekian ulasan yang dapat kami berikan kepada kalian, mohon maaf jika ada salah kata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *